SELAMAT DATANG DI WIEVAE.BLOGSPOT.COM

Kamis, 16 Agustus 2012

cara mudah menghilangkan karat pada besi dan logam

Sudah sering dibahas bahwa teknik menghilangkan karat pada logam adalah dengan menggunakan cairan2 kimia tertentu yang sudah ditemukan oleh para peneliti dan tidak merusak logam tersebut hingga struktur logamnya berubah. Biasanya seseorang atau suatu keluarga mempunyai benda-benda rongsokan yang tidak terpakai seperti besi-besi tua, mur baut yang disimpan terlalu lama di gudang yang semuanya menjadi berkarat karena tidak terawat dengan baik. Ketika kita membeli barang kebutuhan rumah tangga untuk pertukangan dirumah, kita sering menginvestasikan benda-benda pertukangan seperti Mur-Baut, Paku, Mata Bor, Kunci-kunci, Martil, Tang Jepit dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut biasanya kurang dirawat karena hanya akan dibutuhkan ketika kita akan memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak dan hal tersebut belum tentu dilakukan setiap hari atau mungkin hanya sebulan sekali ketika kita mempunyai waktu libur dirumah.
Jika benda tersebut sudah berkarat, biasanya kita secara tidak langsung menganggap benda logam tersebut adalah rongsokan yang tidak bisa dipakai lagi dan akan membuangnya. Hal ini sebenarnya adalah kesalahan besar karena sebenarnya benda logam yang berkarat ini masih bisa dipakai seperti barang baru dengan cara menghilangkan karatnya terlebih dahulu sampai tuntas dan memberinya cat pelapis anti karat sebelum dipakai lagi. Biasanya yang sering mengalami korosi karat paling cepat adalah Mur-Baut dan Paku. Ketika benda ini sudah berkarat biasanya kita langsung membuangnya dan membeli yang baru. Karat akan cepat menjalar pada jenis-jenis logam kualitas rendah, hal ini berbeda dengan jenis logam kualitas tinggi seperti Baja stainless Steel 304 dan sejenisnya yang akan lebih lama dapat terkena korosi karat.
Ada beberapa teknik menghilangkan karat pada Mur-Baut agar bisa dipakai lagi sehingga ulir Baut dan Mur dapat diputar dan dikencangkan. Biasanya bahan kimia untuk menghilangkan karat dengan cepat harganya sangat mahal sekali sehingga budget untuk membeli tidak akan menjadi kebutuhan primer dalam rumah tangga. Sebenarnya ada cara mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang yaitu dengan beberapa cara yaitu:
1. Menggunakan cairan Kimia HCL yang dapat kita beli dengan murah di toko-toko Kimia Industri yang terdapat di toko-toko kecil. Tidak perlu membeli banyak, kita dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan kita. biasanya harganya berkisar Rp.5000 sampai dengan Rp.10.000 untuk 100ml. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.Tuangkan HCL pada botol bekas Aqua 500ml yang telah kita potong 10cm sebagai wadahnya. Campur sedikit air dengan perbandingan 1 : 2. Hal ini untuk mengurangi kecepatan korosi yang akan ditimbulkan oleh reaksi kimia cairan HCL agar Mur dan baut tidak cepat mengalami korosi berlebihan.Aduk sampai rata dan masukan Mur – Baut berkarat tersebut kedalamnya. Jangan lupa memakai Masker dan sarung tangan Kimia agar tangan kita tidak terkena cairan berbahaya ini, sebab jika dihirup sangat berbahaya untuk paru-paru manusia. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat Mur-Baut ini setelah kita lihat karatnya telah hilang dengan menggunakan Pinset dan celupkan kedalam air serta gosoklah dengan sikat gigi bekas berulang-ulang. Kemudian cuci Mur-Baut tersebut dengan sabun cuci baju. Lakukan pencucian pembersihan dengan sabun ini berulang-ulang. Hal ini dimaksudkan untuk menghentikan proses korosi yang ditimbulkan oleh cairan HCL, sebab cairan ini tidak akan berhenti bekerja jika semua zat yang menempel di logam belum hilang. Setelah cukup bersih dan tidak ada warna kuning yang tertinggal pada Mur-Baut, Keringkan dengan kain lap bekas sampai tuntas kemudian berilah lapisan anti karat untuk logam atau jika kita tidak punya cairan tersebut, kita dapat mencelupkan Mur-Baut ke dalam Oli mesin bekas. Hal ini dimaksudkan agar dapat menunda karat yang diakibatkan oleh oksigen bebas disekitar kita. Setelah semua proses selesai, Mur-Baut tersebut tampak seperti baru lagi dan kita dapat melihat apakah Ulirnya masih bagus untuk dipakai kembali pada kendaraan bermotor kita atau sebaliknya. (selamat mencoba….sudah dibuktikan sendiri)
2. Cara kedua adalah dengan menggunakan cara tradisional murah meriah yaitu dengan air kelapa, Jeruk nipis dan sabut buah kelapa itu sendiri. Cara ini sudah dilakukan oleh manusia pada jaman dahulu kala. Sangat mudah untuk melakukannya yaitu dengan cara sebagai berikut: Belilah Kelapa yang masih utuh dan tuangkan air kelapa tersebut kedalam baskom kemudian ambil dan rendam selama 3 hari. memang hal ini membutuhkan waktu lama dan tidak bisa dengan cepat menghilangkan karat sampai tuntas. Setelah 3 hari ambilah Mur baut tersebut dan berilah air jeruk nipis kemudian gosoklah dengan menggunakan sabut kelapa. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai karat yang menempel dapat hilang semua.Kemudian berilah cairan anti karat atau di cat dengan cat dasar anti karat maka Mur-Baut atau Benda Logam anda akan terlihat baru kembali.
3 Cara ketiga adalah dengan cairan yang mudah didapat yaitu sabun Deterjen yang biasa kita gunakan untuk mencuci baju sehari-hari. Caranya sebagai berikut : Masukan 1-2 sendok Deterjen ke dalam panci atau baskom logam yang sudah diisi air 1-2 liter air (sesuai kebutuhan). Kemudian masaklah di atas tungku api panci tersebut sampai mendidih dan jangan jangan ditinggal begitu saja karena biasanya akan menimbulkan busa berlimpah.amati korosi karat yang menghilangkan.setelah cukup hilang. matikan dan ambilah dengan pinset cucilah dengan air, dan berilah oli bekas aatau cairan anti karat sehingga Mur-Baut akan terlihat baru kembali. ( belum dilakukan tetapi sudah ada yang melakukan dan berhasil)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar